Jalan-jalan geek : Popcon Asia 2017


Halo guys,  ketemu lagi sama gue kali ini gue mau bahas soal salah satu event pop culture tahunan di Indonesia. Ada yang tau event apa??? Ya nama event nya adalah  POPCON ASIA 2017.

Acara yang diselenggarakan oleh PT. Pop Con Asia. Popcon Asia atau Pop Culture Convention Asia kembali diselenggarakan pada tanggal 5-6 Agustus 2017 yang berlokasi di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Pelaksanaan event pop culture tahunan yang kali ini merupakan tahun keenam nya Popcon, kali ini mengusung tema "Pop Parade" karena memang tahun ini event nya berskala lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Popcon Asia akan kembali menampilkan karya-karya terbaik pelaku industri kreatif di Indonesia mulai dari film, animasi, komik, toys hingga game. Namun berbeda dari sebelumnya, kali ini Popcon Asia akan kedatangan lebih banyak ikon dunia pop culture internasional untuk menjawab harapan para penggemar di Indonesia.

Untuk Popstar sebutan untuk guest star Popcon tahun ini yang acaranya memang dua kali lebih besar dari tahun sebelumnya diantara nya ada Yoshi Sudarso yang populer dikenal sebagai Blue Ranger di serial Power Rangers Dino Charge. Aktor kelahiran Indonesia ini adalah salah satu dari sedikit darah tanah air yang sukses berkiprah sebagai aktor di negeri Paman Sam. Doi gak sendirian tapi doi dateng sama adiknya Peter Sudarso yang juga berprofesi sebagai aktor di Power Rangers Ninja Steel, model dan juga fashion blogger.




Lalu ada Yuma Ishigaki, pemeran dari karakter tokusatsu yang sangat populer di Indonesia, Uchuu Keiji Gavan. Yuma adalah aktor muda yang mendapatkan tongkat estafet dari aktor legendaris Kenji Ohba, pemeran Gavan yang pertama di tahun 1980an. Kedatangan Yuma dan Ohba-san ke Popcon kali ini adalah dalam rangka perayaan 35 tahun Gavan.

Dan masih guest star dari Jepang kali ini komikus Tooru Fujisawa yang populer lewat komik Great Teacher Onizuka atau GTO . Para penggemar akan bisa bertemu langsung dan meminta tanda tangan untuk komik karyanya. Tidak datang sendiri, Tooru akan membawa sang istri, Ayano Fujisawa, aktris yang populer lewat serial TV GTO hasil adaptasi komiknya. Ayano juga bermain di banyak serial TV lain seperti Kamen Rider Ryuki dan Kamen Teacher.




sumber gambar : popconasia.com 

Kemudian yang terakhir, ada aktor Walter Jones yang terkenal sebagai Zack alias Black Ranger di serial Mighty Morphin Power Rangers yang pastinya ditunggu oleh para fans disini ya ibaratnya pemanasan sebelum acara pop culture lagi di bulan Oktober yang akan mendatangkan cast dari serial yang sama hehehehe.

Gak cuman dari guest star nya aja yang mengalami peningkatan tapi juga konten acara nya terutama pas talkshow panel nya di panggung. Sayang sekali gue cuman dateng gak full dua hari, gue cuman dateng di hari kedua yaitu di hari Minggu tanggal 6 Agustus dikarenakan satu dan lain hal. Biasanya dari tahun ke tahun gue dateng secara full day 2 hari ke event Popcon dari jadi pengunjung, pernah jadi media partner, pernah jadi cosplayer juga. Ya begitulah kalo diceritain kalo gue ke Popcon dari Popcon pertama sampe tahun ini.




sumber gambar : itokumag

Salah satu panel yang seru yang gue pantengin di hari kedua Popcon yang gue hadirin adalah tentang Japan heroes vs Local heroes. Di panel ini dihadiri oleh Yuma Ishigaki yang memerankan Gavan Type G dan Adhitya Al-Katiri yang berperan sebagai Azazel dalam serial Satria Garuda Bima-X dan Marcelino Lefrandt dengan proyek Skylar Comics nya. Pada panel ini mereka berbagi cerita tentang bagaimana proses mereka masing-masing ketika mendapatkan peran dan proses mendalami peran nya serta membocorkan sedikit tentang proyek selanjutnya.


sumber gambar : facebook.com/bumilangit

Lalu, salah satu favorit gue adalah panel diskusi di booth Bumi Langit yaitu dimana belakangan ini mereka sekarang sedang melakukan (R)evolusi terhadap industri komik Indonesia salah satu upaya nya adalah me-reborn beberapa karya yang dulu berjaya seperti Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, Aquanus, Maza : Prince of dream, dan masih banyak lagi. Sebagian serial menceritakan kembali dan kebanyakan membuat cerita baru. Namun dengan style gambar dan packaging yang bisa diterima oleh pembaca generasi sekarang tanpa melupakan para pembaca setia generasi lama nya yang sudah mengenal karakter tersebut sebelumnya. 

Dan juga ada diskusi dengan beberapa komikus angkatan lama dengan angkatan sekarang yang membagi pengalaman nya tentang sejarah komik di Indonesia dan bagaimana perkembangan nya serta lika-liku menjadi komikus dan bagaimana proses menjual karya mereka serta pandangan masyarakat tentang komik.

Tiap komiknya bisa kalian baca di fanpage facebook Bumi Langit dan akan muncul chapter terbaru nya tiap minggu. Bukan promosi tapi emang karya mereka patut dihargai dan didukung karena kalo bukan kita siapa lagi?

Tidak lupa juga, di event Popcon ada penghargaan Popcon Awards yaitu penghargaan terhadap karya-karya industri kreatif seperti komik, art, karakter dsb. Serta kompetisi cosplay dengan konsep umum dan konsep karakter lokal. Karena acaranya merupakan "Lebaran industri kreatif" jadi disini menjadi wadah nya para pelaku industri kreatif khusus nya di tanah air.



sumber gambar : facebook.com/popconasia


Well, sedikit cerita untuk meet and greet dengan Popstar kali ini gue gak ikutan padahal list bintang tamu nya luar biasa. Tapi sayang gue gak ikutan mungkin gue belom siap kali ini dari segi keuangan atau emang belom siap dengan regulasi signing dan photo ops yang beda harga. Gue rasa masyarakat kita belom siap dengan regulasi itu kecuali yang emang niat dari awal dan ada uang nya, padahal gue mengharapkan sekali ada giveaway untuk free pass meet and greet dengan Popstar atau mendapatkan exclusive items yang ada di Popcon 2017 tahun ini. Kembali lagi dengan ketidaksiapan gue dengan event ini.

Oke deh, sekian dengan cerita gue tentang Popcon Asia 2017. Gue berharap sukses terus kedepan nya acara ini dengan konten lokal yang makin apik dan masyarakat bisa menghargai dan mendukung industri kreatif di Indonesia serta menyajikan acara dengan skala yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.



Adios

Chairandy Fajri

Komentar

  1. Gue pun ke sana cuma bentaran doang, lalu kelamaan nangkring di boothnya Kaligrafina 😂. Tapi kalo diliat sih emang seru yaa Popcon dari tahun ke tahun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer