Fakta mengerikan dibalik peran Heath Ledger di film The Dark Knight


Halo guys ketemu lagi dengan gue, kali ini kita bahas beberapa fakta mengerikan dibalik peran aktor asal Australia Heath Ledger yang performa akting nya sangat dipuji ketika ia memerankan Joker musuh bebuyutan Batman dalam film The Dark Knight yang rilis di tahun 2008.

Sedikit kita bahas film The Dark Knight, film ini dirilis 19 July 2008 yang merupakan sekuel dari Batman Begins (2005) yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan naskah nya ditulis oleh Jonathan Nolan, film ini sangat bagus secara kualitas dan sukses secara finansial. Namun sayang aktor yang memerankan Joker di film ini yaitu aktor kelahiran 4 April 1979 yang memiliki nama lengkap Heathcliff Andrew Ledger meninggal karena overdosis obat tidur yang ia gunakan pada tanggal 22 Januari 2008 jelang beberapa bulan beberapa bulan rilis film nya.

Penampilan nya sebagai Clown Prince of Crime yang merupakan musuh bebuyutan Batman ini sangat dipuji oleh para kritikus maupun para fans Batman karena berhasil menghidupkan karakter musuh bebuyutan Batman yaitu Joker yang terkenal dengan kegilaan nya dalam melakukan aksi kejahatan.

Berikut fakta-fakta mengerikan ketika ia mendalami peran nya sebagai Joker ;

Heath Ledger mengunci diri nya di hotel untuk mendalami peran


Sebelum proses produksi film The Dark Knight, ia mengisolasi diri nya selama 43 hari di hotel tempat ia menginap. Ledger ingin mendalami peran nya dan mendapatkan kesan bagaimana rasanya hidup sendiri? dan kesepian seperti karakter yang akan ia perankan.


The Joker Journal


Di hotel dimana ia ditemukan tewas, terdapat sebuah jurnal dan ia menceritakan apa saja yang terjadi dan yang dilakukan selama mendalami peran nya, serta beberapa referensi yang membuat peran nya totalitas sebagai musuh bebuyutan Batman untuk film The Dark Knight, ia pun membawa jurnal ini di sepanjang proses produksi film nya.


Membuat aktor dan aktris yang terlibat ketakutan


Michael Caine aktor yang berperan sebagai Alfred Pennyworth di film The Dark Knight trilogi garapan Nolan, mengaku sangat takut ketika melihat Heath Ledger memerankan Joker di film The Dark Knight pada saat adegan pesta dan Joker merusak nya.

Ia pun membandingkan dengan peran Joker yang pernah dilakoni oleh Jack Nicholson di film Batman (1989), dimana Jack memerankan Joker sebagai sosok yang memiliki selera humor yang aneh. Sementara versi Ledger lebih menunjukkan bahwa sosok Joker yang ia perankan memang benar seorang psikopat.
Hal itu membuat Caine menjadi lupa akan dialog di adegan tersebut.

Bahkan Maggie Gylenhall yang memerankan Rachel Dawes tidak berani menatap mata Heath Ledger ketika di lokasi syuting film ini.


Mendapatkan inspirasi dari film Clockwork Orange


Berdasarkan jurnal milik Ledger, ia terinspirasi oleh film garapan Stanley Kubrick yaitu Clockwork Orange (1971) dimana di film ini tokoh Alex De Large yang diperankan oleh Malcom McDowell diperankan dengan apik dan menggambarkan kekacauan sesungguhnya. Ia pun ter-influence akan tokoh di film tersebut dan dijadikan referensi untuk peran nya sebagai Joker.


Aktor yang pertamakali mendapatkan Oscar untuk peran nya sebagai sosok antagonis


Heath Ledger mendapatkan Oscar di ajang Academy Awards yang ke 81 pada tahun 2009 untuk kategori best actor in a supporting role, untuk pertama kali dalam secara Oscar dimana kategori ini dimenangkan oleh aktor yang berperan sebagai tokoh antagonis.


Topeng badut yang digunakan antar generasi pemeran Joker


Topeng yang dipakai pada saat pembukaan film The Dark Knight yang diawali dengan adegan perampokan bank yang didalangi oleh Joker. Topeng ini terkesan biasa saja dan tidak mewakili sosok Joker, tetapi topeng ini memiliki sejarah karena desain topeng badut ini sama persis dengan desain topeng yang pernah dipakai oleh Joker di serial tv Batman tahun 1966 yang diperankan oleh Cesar Romero.


Bekas luka di mulutnya terinspirasi dari "Glasgow Smile"


Joker versi Ledger memiliki ciri khas bekas luka sobekan di mulut dan dijahit kasar agar terlihat memiliki senyum yang menyeringai, ia terinspirasi oleh "glasgow smile" sebuah bekas luka yang dilakukan oleh geng di Skotlandia yang dilakukan oleh geng tersebut untuk menyakiti korban nya atau geng yang menjadi rival nya untuk menakuti musuh-musuh dari geng tersebut. Biasanya luka tersebut dibuat oleh pisau, tapi lebih sering menggunakan kartu kredit milik si korban atau milik anggota geng tersebut.


Well, sekiranya itu sih beberapa fakta yang gue tau dan gue juga ngulik dari beberapa sumber yang gue dapet. Sadis ya?? dan gila juga tapi ya memang begitu totalitas seorang aktor dalam mendalami peran nya di suatu film.


Adios

Chairandy Fajri

Komentar

Postingan Populer