A Life after Superman, nasib para aktor yang pernah memerankan tokoh Superman




Halo ketemu lagi dengan gue Randy, di postingan kali ini gue bakal ngebahas tentang nasib para aktor yang pernah memerankan aktor Superman dan kehidupan setelah mereka punya nama setelah memerankan si manusia baja ini.

Tidak bisa dipungkiri memerankan karakter superhero paling terkenal sejagat raya memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua aktor apalagi kalau si aktor merupakan penggemar tokoh tersebut.
Bayangin aja, untuk mendapatkan peran karakter tersebut sang aktor terpilih harus menyisihkan ratusan bahkan ribuan aktor lainnya hal tersebut adalah momen yang sangat spesial untuk track record sang aktor.

Namun di setiap pertemuan pasti ada perpisahan, gak selamanya sang aktor akan mengenakan kostum berwarna biru yang memiliki logo huruf "S" di dadanya. Konon (jangan dibalik), kebanyakan aktor yang pernah memerankan Superman atau mengisi suara Superman dalam kartunnya mengalami kesulitan dalam kariernya bahkan beberapa di antaranya bernasib na'as usai tak lagi mengenakan kostum Superman.

Berikut kehidupan para aktor yang mencoba move on dari peran sebagai Superman :

1. Kirk Alyn (Superman film serial tahun 1948, Superman vs Atom Man tahun 1950)

               
sumber gambar : http://photos1.blogger.com/blogger/6512/558/1600/File1058.jpg 

Kirk Alyn adalah aktor yang pertama kali memerankan Superman dalam format audio visual. Ia tampil dalam film serial Superman yang rilis di tahun 1948 sebanyak 15 chapter dan Superman vs Atom Man di tahun 1950. Pasca peran nya sebagai Superman, sepanjang sisa  karier nya ia hanya menjadi pengisi suara animasi, cameo, dan mendapatkan peran-peran kecil tanpa namanya tercantum di credit title (uncredit).


2. Gerorge Reeves (Superman and The Mole Man tahun 1951, serial TV Adventures of Superman tahun 1952-1958)

sumber gambar : https://www.wired.com/images_blogs/thisdayintech/2009/06/reeves.jpg 

Sama dengan Kirk Alyn, sosok Superman sangat melekat di diri aktor kelahiran 5 januari 1914 membuat kariernya di dunia hiburan meredup. Namun yang menjadi sorotan publik adalah peristiwa kematiannya yang ganjil dimana tragedi tersebut memunculkan sebuah mitos bahwa setiap aktor yang memerankan Superman pasti akan terkena sial. Kisah hidupnya difilmkan dalam film yang berjudul Hollywoodland yang rilis di tahun 2006 dan diperankan oleh Ben Affleck.


3. Christoper Reeve (Superman tahun 1978, Superman II tahun 1980, Superman III tahun 1983, Superman IV : Quest for Peace tahun 1987)


sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzTqFB23V9n-HPEYm8kyf3gBPgIzRCbxKPep6nCIDLlZOuaVh8Dk4HdY7aVtM07hbjSlv1_yl0W2ysk6-QUpMcRovJCPCID05jzkqqK1KNDNqRCiHLsUq52joz3S4NRBRS4Y1dsBXCZTH0/s1600/superman-christopher-reeve.jpg

Aktor ini adalah sosok yang paling dikenal dan dikenang oleh para fans Superman di seluruh dunia. Lewat empat penampilannya di layar lebar dalam kurun waktu sembilan tahun, Reeve berhasil mencuri perhatian para penonton dunia. Bahkan kharisma Reeve selalu dibanding-bandingkan dengan tiap aktor yang akan memerankan tokoh Superman

Sayangnya pasca perannya sebagai Superman, karier Reeve menurun, meski ia ingin melepas imej Superman yang melekat pada dirinya namun hal tersebut tidak cukup untuk menyelamatkan kariernya. Puncaknya di tahun 1995. ia jatuh dari kuda dan mengalami kelumpuhan secara permanen. Sembilan tahun kemudian, sang pujaan publik pun meninggal dunia karena penyakit jantung yang telah lama diderita.



4. Dean Cain (serial Lois and Clark : The New Adventures of Superman tahun 1993-1997)


sumber gambar : http://scontent.cdninstagram.com/

Sang aktor yang terkenal sebagai Superman dalam serial televisi "Lois and Clark : The New Adventures of Superman" yang sempat tayang di televisi swasta Indonesia. Imej nya yang melekat sebagai si manusia baja membuat aktor yang berusia 50 tahun ini stagnan. Hingga saat ini, ia hanya tampil sebagai peran-peran kecil di film kelas B. Meski begitu dirinya membantah bahwa ia terkena kutukan Superman.


5. Tom Welling (serial tv Smallville 2001-2011)


sumber gambar : http://www.robertbassolino.com/9Studios/Clark-1.jpg

John Patrick "Tom" Welling terkenal lewat serial TV Smallville yang menceritakan tentang masa muda Kal-El hingga menjadi Superman. Serial tersebut berhasil melambungkan namanya dan menjadi serial televisi Superman dengan musim terpanjang yaitu selama 10 musim dari tahun 2001 hingga 2011. Beban berat berada di pundak Welling, pria kelahiran 26 April 1977 ini harus membuktikan bahwa ia bisa bangkit dan mampu melepas imej Superman nya, film nya pun bisa dihitung jari seperti Cheaper by the Dozen (2003) , Cheaper by the Dozen 2 (2003), The Fog (2005), dan The Choice (2016) .


6. Brandon Routh (Superman Returns tahun 2006)


sumber gambar : http://media.comicbook.com/

Aktor tampan penerus sosok Christopher Reeve di layar lebar sebagai Superman awalnya dielu-elukan. Selain karena wajahnya yang sedikit mirip dengan mendiang Reeve, ia juga terbilangh cukup baik dalam memerankan Superman. Sangat disayangkan, meski rumor nya ia akan kembali dilibatkan dengan proses pra-produksi reboot "Man of Steel". Nyatanya hal tersebut tidak terealisasi, kariernya sempat menurun. Namun usaha nya terbayarkan saat ia kembali memerankan tokoh dari DC Comics yaitu Atom di serial televisi "Legends of Tomorrow" yang mendapatkan sambutan cukup baik.


sumber gambar : http://cdn.pcwallart.com/

Well, saat ini tongkat estafet berada di Henry Cavill yang memerankan Superman sejak film "Man of Steel" dan akan berlanjut di beberapa proyek layar lebar DC Comics dalam DC Extended Universe atau DCEU. Mampukah Cavill melepas urban legend mengenai kutukan Superman yang menimpa para aktor yang telah memerankan Superman?? Kita akan menjadi saksi hidup dari perjuangan tersebut.

Adios.

Chairandy Fajri

Komentar

Postingan Populer